Monday, January 30, 2012

Tips sukses melamar kerja

Hari nie tadi saiyya ikut BCC di kampus BSI Cengkareng, yah pastinya dengan tujuan cari kerja baru hehehe, dan pastinya saya juga ga maw ketinggalan untuk mendapat tambahan ilmu dari talk show nya yg menghadirkan 2 narasumber dari Bank kesejahteraan dan oto group.banyak juga ilmu yg di share oleh mereka dan ada beberapa temen yg bertanya.
salah satu pertanyaan, berapa besar nilai yg kita berikan saat di tanya gaji yg kita harapkan?
Bapak uut dari oto group menyarankan bahwa kita boleh memberikan nilai tinggi pada gaji yg kita harapkan tentunya dengan syarat kita harus bisa menunjukkan/memberikan alasan" kelebihan kita sehingga kita layak dibayar setinggi yg kita minta.
ada juga yang bertanya, perusahaan dalam merekrut karyawan memilih yg bagus soft skills / hard skills?
kata pak uut kebanyakan perusahaan memilih 50:50
didalam presentasinya pak uut menjelaskan bahwa diperusahaan beliau bekerja ( oto group ) para karyawannya harus memiliki beberapa hal penting salah satunya adalah kejujuran, dan beberapa lagi lainnya (lupa ga di catet... hehehehe)
tips melamar pekerjaan
buat surat lamaran sebagus mungkin dengan diketik menggunakan komputer/laptop dengan bahasa yg baik dan benar( tentunya [hehehe]) jangan di tulis pake tangan karna udah ga jamannya lagi (kata pak uut) kecuali lembaga pemerintah/permintaan.
tulis biodata yg jelas( pastinya[ hehe]) pendidikan formal, non formal(kalo ada),pengalaman berorganisasi(kalo ada), pengalaman kerja(kalo ada)dengan dijelaskan (berapa lama,dari bulan,tahunberapa,jabatan apa,deskripsi pekerjaan yg dikerjakan),tulis juga kemampuan kita untuk menambah nilai kita, karna di CV inilah seorang HRD menyortir lamaran dengan sungguh"
lagi juga dalam menghadiri interview harus berpakaian rapi baju kemeja dengan celana bahan, ga usah item putih karna itu juga udah ga jamannya lagi karna kadang putihnya udah ga putih lagi tapi udah kecoklatan khan jelek (hehehe) kecuali itu sudah ketentuan perusahaan yg biasa menggunakan seragam item putih.

ahhh pokoknya buanyak ilmu yg saya dapet hari ini....
pak uut juga berpesan rubahlah mainside kita carilah peluang pekerjaan besar dengan peminat sedikit, kalo mau dompet tebel jangan takut mencoba dunia marketing selain gaji pokok disitu banyak insentif yg bisa kita dapet dan juga kebanyakan para pemimpin berasal dari marketing...
dan yg paling penting selalu update informasi, karna sekarang jaman teknologi informasi pak uut juga bilang kalo saat ini gaji paling tinggi masih dipegang oleh orang IT, banyak belajar diluar pendidikan formal kita bisa belajar online di forum karna disitu banyak yg share ilmu pengetahuan

jadi intinya IT yg no 1 sadar ga sadar kita harus mengakuinya....

0 komentar:

Post a Comment

Followers