Sunday, September 19, 2010

PABX


PABX atau Private Automatic Branch eXchange adalah perangkat penyambungan komunikasi telepon yang terletak di sisi pelanggan, misalnya di gedung-gedung perkantoran yang memerlukan percabangan sambungan telepon. Secara umum perangkat PABX terhubung ke  penyedia layanan telekomunikasi publik.
Ukuran atau parameter PABX dalam kapasitas jumlah line telkom yang tersambung ke PABX dan jumlah Extention ( cabang ).Mulai yang kapasitas satuan,puluhan,ratusan maupun ribuan Ext.
Saat ini, PABX telah mengaplikasikan teknologi Internet Protocol (IP) sehingga disebut IP PBX.
Pembahasan mengenai PABX dapat di bagi menjadi :


PABX atau sering kepanjangan dari Private automatic Branch eXchange adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai sentral telepon, dalam suatu lokasi tertentu, misalnya : kantor, gedung, perumahan, dll. Dalam skala kapasitas yang lebih besar, PABX dapat berupa Sentral Telepon Otomatis PSTN yang digunakan oleh operator telepon besar untuk layanan kerumah, kantor dan lain-lain, misalnya PT. TELKOM, PT. INDOSAT, PT.TELKOMSEL,PT.BAKRI dll.
Perangkat ini akan mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor extension atau nomer rumah).
Type dan Jenis PABX
1. PABX DIGITAL adalah PABX yang mempergunakan pesawat digital untuk extensionnya, Pesawat digital ini umumnya telah mendukung beberapa fitur seperti Conference Call,Party,dsb. memilki tombol-tombol line / Flexsibel buton, pesawat digital hanya bisa digunakan / dipasangkan dengan PABX yang sama dengan merk/type pesawat digital itu sendiri. 2. PABX ANALOG adalah PABX yang hanya mendukung pesawat telp biasa (seperti telepon rumah) kebalikan dari PABX Digital, umumnya fiturnya sangat sederhana. 3. PABX Hybrid adalah PABX yang bisa menggunakan Telp Digital dan Analog pada port-Extensionnya.
Bagian PABX
Cabinet Rack
Power Supply
Extention Card
Trunk Card
Option Card
Fitur dan layanan PABX
Automatic Route Selection
Account Code
Absen Message
Back Ground Music
Budget Management
Busy On Busy
Class Of Service
Call Park
Call Forward
Call Transfer
Call Pick Up
Data Line Security
Delayed Ringing
Ext Lock
Emergency Call
External BGM
Flexible Numbering
Greeting Message
Hunting Groups
Incoming Groups
Hunting Groups
Line Monitor
Manager Function
Paging Groups
SMDR
Interkoneksi PABX
Pengertian interkoneksi pabx adalah, gabungan 2 atau lebih pabx menjadi satu system kesatuan. Fungsinya untuk penghematan biaya, contohnya jika sebuah perusahaan memiliki kantor pusat dan cabang, yang mungkin cabang - cabang tersebut berada jauh di luar kota bahkan luar negri sekalipun. Dengan di satukannya system pabx, maka untuk menghubungi cabang melalui telpon tidak memerlukan biaya pulsa, cukup komunikasi internal saja.
Merk Dan Type PABX
Panasonic :
- A Series
- HB Series
- HT Series
- TA Series
- VB9 Series
- TDN Series
- XH Series
- TDA Series
- TDE Series
- DBS Series

Accesories PABX - Peralatan Pendukung
Automatic Attendant
PABX Software Billing System
Main Distribution Frame


Pranala Luar
  • (id) [http://]
  • (id) [http://]

0 komentar:

Post a Comment

Followers